Macam Macam Sholawat

09/16/2017

Ini adalah salah satu bentuk kita cinta kepada beliau. Apa yang beliau perintahkan kepada kita semuanya merupakan ibadah.

Shalawat yang kita ucapkan akan sampai kepada beliau. Betapa beliau sangat mencintai kita sebagai umatnya. Salah satu contohnya adalah ketika masa-masa di akhir hayatnya, yang beliau pikirkan bukan keluarganya, namun adalah umatnya.

Orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku. (HR. Tirmidzi)

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita juga mencintai beliau. Sebelumnya, ini ada video shalawat munjiyat yang biasa diucapkan di awal-awal do'a, barangkali pembaca juga mau mendengarkan dan menghafalkan (bagi yang belum hafal).

Macam Macam Sholawat :

A. Sholawat Nabi

B. Sholawat Badar

C. Sholawat Nariyah

B. Pengertian Sholawat Menurut Istilah

Shalawat menurut syar~ez_rsquo~i atau istilah pujian kepada Nabi. Dalam surat Al-ahzab ayat 56 Firman Allah menyebutkan

~ez_ldquo~Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. Al-Ahzab: 56.

Ibnu Katsir menyebutkan dalam tafsirnya ketika manafsirkan ayat tersebut, bahwa Imam Bukhari meriwayatkan Abu Aliyah berkata:
Shalawat adalah:

  • Apabila Shalawat dari Allah.SWT kepada Nabi berarti memberikan rahmat dan kemuliaan (Rahmat Tadhim)
  • Apabila Shalawat dari Malaikat kepada Nabi berarti memohonkan ampunan
  • Apabila Sholawat dari golongan yang beriman (Jin dan Manusia) berarti berdoa supaya diberikan rahmat dan kemuliaan

C. Dalil Tentang Membaca Shalawat Nabi

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

~ez_ldquo~Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapa sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.~ez_rdquo~ (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Berbicara hukum membaca Sholawat ada berbagai pendapat dari Ulama, ada yang Wajib Bil Ijmal, Wajib satu kali seumur hidup, ada juga yang berpendapat Sunnah. Pendapat yang paling mayshur adalah Sunnah Mu~ez_rsquo~akkad, akan tetapi membaca sholawat pada akhir Tasyahud Akhir dari Sholat adalah wajib, oleh karena itu sudah menjadi rukunnya sholat.